PENINGKATAN PENGUASAAN ILMU SOSIAL MELALUI
IMPLEMENTASI SKENARIO PEMBELAJARAN BERDASARKAN
KBK DI KELAS 6 SDK ALETHEIA MATARAM
Nyoman Suarta*)
Abstrak :
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) memperoleh model implementasi skenario
pembelajaran Ilmu Sosial (IS) sesuai dengan Kurikulum Berbasis
Kompetensi (KBK), (2) memperoleh model evaluasi yang komprehensif dengan
memperhatikan aspek pengetahuan, sikap, dan psikomotor berdasarkan kompetensi
dasar IS. Dalam penelitian ini dilakukan lima tindakan dalam bentuk
siklus selama tujuh bulan efektif. Setiap siklus memiliki empat tahapan
yaitu: tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi,
dan tahap refleksi dan evaluasi. Hasil akhir pada refleksi dan evaluasi
siklus pertama digunakan sebagai dasar untuk melakukan perencanaan pada siklus
kedua dan seterusnya sampai dengan siklus kelima. Hasilnya menunjukkan bahwa
implementasi skenario pembelajaran IS sesuai dengan KBK yang ditandai dengan
adanya penyusunan dan penerapan skerario pembelajaran yang telah memenuhi unsur
keterlibatan aktif siswa, aktivitas belajar yang variatif, dan pelibatan sumber
belajar. Terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam penguasaan kompetensi dasar
IS, yang diukur dengan menggunakan evaluasi pembelajaran yang meliputi aspek
kognitif, afektif, dan psikomotor secara komprehensif/integratif berdasarkan
kompetensi dasar yang telah ditetapkan.
Kata
Kunci: Skenario pembelajaran kompetensi dasar Ilmu Sosial, kurikulum
berbasis kompetensi, strategi implementasi.