Kamis, 26 Januari 2012

ABSTRAKSI




Oleh :

DAVID WAHYUDI

084 073 305

Pembelajaran yang efektif merupakan idaman semua guru yang mengelola proses belajar mengajar baik dalam lingkup luas dalam suatu lembaga atau dalam lingkup kecil atau kelas. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya guru tidak dapat berdikari sendiri, akan tetapi guru harus dapat menjalin hubungan yang harmonis antara guru dan peserta didik.
Selain itu dalam proses pembelajaran seorang guru juga harus dapat memahami situasi yang terjadi dikelas, guru harus dapat mengatur strategi agar proses pembelajaran tidak hanya satu arah saja, akan tetapi akan terjadi interaksi yang kominikatif antara guru dan siswa. dalam hal ini siswa perlu mempraktekkan pengalaman yang sudah dimiliki yang disesuaikan dengan teori yang didapat dalam kelas. Jadi siswa bukan hanya menjadi obyek dalam suatu proses pembelajaran, akan tetapi siswa juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar.
Mengingat pentingnya metode yang membuat proses pembelajaran menjadi efektif, khususnya untuk proses pembelajaran PAI di SMPN 02 YASINAT, maka dalam penelitian ini diambil suatu judul Penerapan Reading Guide Dalam Pembelajaran PAI di SMPN 02 Yayasan Islam Nahdlatuth Thalabah Kesilir Wuluhan Jember Tahun Ajaran 2011/2012
Rumusan masalah yang berhubungan dengan proses pembelajaran PAI yaitu : bagaimana Penerapan Reading Guide Dalam Pembelajaran PAI di SMPN 02 Yayasan Islam Nahdlatuth Thalabah Kesilir Wuluhan Jember Tahun Ajaran 2011/2012
Sedangkan tujuan penelitian yaitu ingin mendeskripsikan Penerapan Reading Guide Dalam Pembelajaran PAI di SMPN 02 Yayasan Islam Nahdlatuth Thalabah Kesilir Wuluhan Jember Tahun Ajaran 2011/2012.
Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini meliputi : 1) Wawancara atau interview, 2) Metode observasi, 3) dokumentasi. Sedangkan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa Teknik Purposive Sampling (samplingbertujuan). Untuk menganalisa data yang sudah diperoleh digunakan metode analisa data Reflektif Thinking, yaitu analisa yang berpedoman pada cara berfikir Reflektif Thinking John Dewey.

Penerapan metode Reading Guide dalam pembelajaran PAI di SMPN 02 YASINAT tahun pelajaran 2011/2012 tentang; Rencana Pengajaran lebih baik karena tujuan, bahan, metode, alat dan evaluasi belajar bisa didesain secara utuh sesuai dengan situasi dan kondisi riil, sehingga makin terarah, terpadu serta memberi peluang besar bagi upaya pencapaian  target kompetensi dasar siswa dalam aspek keimanan, dalam menentukan bahan bacaan atau pengajaran sangat tepat dan terarah karena disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, alokasi waktu, alat dan sumber belajar, sehingga memudahkan pencapaian target kompetensi dasar siswa dalam aspek keimanan, sedangan dalam pemahaman materi sangat efektif bagi siswa karena siswa bisa mempelajarnya secara terarah, terpadu dan sistimatis yang distimulan oleh bentuk pertanyaan tertulis ataupun lisan, tahap selanjutnya yaitu evaluasi belajar cukup obyektif, rasional, dapat diterima (acceptable) karena menggunakan instrumen yang valid reliable yang tercantum dalam indikator serta hasil belajar meliputi ranah kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan psikomotor (amaliah) sesuai KBK.
Dengan demikian penerapan Reading Guide dapat dinilai cukup baik atau d\berhasil membuat siswa aktif dan berpartispasi didalam proses pembelajaran PAI.oleh karena itu perluadanya peningkatan penggunaan metode atau strategi yang dapat lebih mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar