Oleh :
DAVID WAHYUDI
084 073
305
Pembelajaran yang efektif merupakan idaman semua
guru yang mengelola proses belajar mengajar baik dalam lingkup luas dalam suatu
lembaga atau dalam lingkup kecil atau kelas. Untuk mewujudkan hal tersebut
tentunya guru tidak dapat berdikari sendiri, akan tetapi guru harus dapat
menjalin hubungan yang harmonis antara guru dan peserta didik.
Selain itu dalam proses pembelajaran seorang guru juga harus dapat memahami
situasi yang terjadi dikelas, guru harus dapat mengatur strategi agar proses
pembelajaran tidak hanya satu arah saja, akan tetapi akan terjadi interaksi
yang kominikatif antara guru dan siswa. dalam hal ini siswa perlu mempraktekkan
pengalaman yang sudah dimiliki yang disesuaikan dengan teori yang didapat dalam
kelas. Jadi siswa bukan hanya menjadi obyek dalam suatu proses pembelajaran,
akan tetapi siswa juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar.
Mengingat pentingnya metode yang membuat proses
pembelajaran menjadi efektif, khususnya untuk proses pembelajaran PAI di SMPN
02 YASINAT, maka dalam penelitian ini diambil suatu judul Penerapan Reading
Guide Dalam Pembelajaran PAI di SMPN 02 Yayasan Islam Nahdlatuth Thalabah
Kesilir Wuluhan Jember Tahun Ajaran 2011/2012
Rumusan masalah yang berhubungan dengan proses
pembelajaran PAI yaitu : bagaimana Penerapan Reading Guide Dalam Pembelajaran
PAI di SMPN 02 Yayasan Islam Nahdlatuth Thalabah Kesilir Wuluhan Jember Tahun
Ajaran 2011/2012
Sedangkan tujuan penelitian yaitu ingin
mendeskripsikan Penerapan Reading Guide Dalam Pembelajaran PAI di SMPN 02
Yayasan Islam Nahdlatuth Thalabah Kesilir Wuluhan Jember Tahun Ajaran 2011/2012.
Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini meliputi : 1) Wawancara
atau interview, 2) Metode observasi, 3) dokumentasi. Sedangkan teknik sampling
yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa Teknik Purposive Sampling (samplingbertujuan). Untuk menganalisa
data yang sudah diperoleh digunakan metode analisa data Reflektif Thinking, yaitu analisa yang berpedoman pada cara
berfikir Reflektif Thinking John
Dewey.
Penerapan
metode Reading Guide dalam pembelajaran PAI di SMPN 02 YASINAT tahun pelajaran 2011/2012 tentang; Rencana
Pengajaran lebih baik karena tujuan, bahan, metode, alat dan evaluasi belajar
bisa didesain secara utuh sesuai dengan situasi dan kondisi riil, sehingga
makin terarah, terpadu serta memberi peluang besar bagi upaya pencapaian target kompetensi dasar siswa dalam aspek
keimanan, dalam menentukan bahan bacaan atau pengajaran sangat tepat dan terarah karena
disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, alokasi waktu, alat dan sumber belajar,
sehingga memudahkan pencapaian target kompetensi dasar siswa dalam aspek
keimanan, sedangan dalam pemahaman materi sangat efektif bagi siswa karena
siswa bisa mempelajarnya secara terarah, terpadu dan sistimatis yang distimulan
oleh bentuk pertanyaan tertulis ataupun lisan, tahap selanjutnya yaitu evaluasi
belajar cukup obyektif, rasional, dapat diterima (acceptable) karena
menggunakan instrumen yang valid reliable yang tercantum dalam indikator serta
hasil belajar meliputi ranah kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan
psikomotor (amaliah) sesuai KBK.
Dengan demikian penerapan Reading
Guide dapat dinilai cukup baik atau d\berhasil membuat siswa aktif dan
berpartispasi didalam proses pembelajaran PAI.oleh karena itu perluadanya
peningkatan penggunaan metode atau strategi yang dapat lebih mengaktifkan siswa
dalam proses pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar