RENCANA PEMBELAJARAN
Topik/kegiatan : Mempraktekan sholat wajib
Kompetensi
Dasar : Siswa mampu melakukan sholat wajib
Bidang studi : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : Satu/ganjil
Waktu : 15 menit
Nama Guru : Ulin Nikmah
A.
Kompetensi Dasar
Siswa mampu melakukan sholat wajib
B. Indikator
- Menjelaskan pengertian, hukum, syarat wajib, syarat sah, rukun sholat, dan hal-hal yang membatalkan sholat
- Mempraktekkan sholat wajib, dzikir, dan doa setelah sholat
- Menjelaskan arti bacaan sholat wajib
- Menjelaskan fungsi sholat wajib dalam kehidupan
C. Tujuan
Melatih siswa untuk melaksanakan
sholat wajib dan menghafal bacaan-bacaan sholat wajib serta doa-doa setelah
sholat kemudian melaksanakan sholat lima
waktu dalam kehidupan sehari-hari.
D. Media
Untuk melaksanakan kegiatan ini
diperlukan media
- Gambar-gambar gerakan sholat (urut-urutan gerakan sholat)
- Tulisan bacaan sholat dan doa setelah sholat
E. Skenario
Pembelajaran
- Guru menjelaskan rencana pembelajaran yaitu menjelaskan sholat wajib. Kemampuan yang diajarkan adalah tata cara melaksanakan sholat wajib serta bacaan-bacaan sholat wajib dan doa sesudah sholat
- Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok dan tiap kelompok terdiri dari empat siswa
- Guru menyuruh tiap kelompok untuk mempelajari gerakan sholat serta menghafal bacaan-bacaan sholat dan doa-doa setelah sholat kemudian kelompok tersebut mempraktekkan gerakan sholat
- Guru menyuruh perwakilan masing-masing kelompok untuk maju dan mempraktekkan sholat wajib serta bacaan-bacaan sholat dan doa-doa sesudah sholat. Kelompok lain melihat dan menilai kelompok yang maju kemudian kelompok lain bertanya
- Setelah kelompok sudah maju semua secara bergantian, masing-masing kelompok menyimpulkan hasil presentasi dari kelompok lain
- Sharing dalam kelas mengenai sholat wajib yang dipandu oleh guru
- Siswa menyusun sebuah ringkasan berdasarkan data yang sudah didiskusikan
F. Penilaian
- Partisipasi siswa dalam kerja kelompok
- Kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil kerja
- Keaktifan siswa dalam kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar