RUBRIK PENILAIAN PORTOFOLIO
1.
Kualifikasi akademik
Ijazah
|
Relevansi
|
Skor
|
S1 / D4
(tanpa
melalui Diploma)
|
Kependidikan sesuai bidang studi (mapel)*
|
150
|
Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel) mimiliki
Akta Mengajar
|
150
|
|
Kependidikan sesuai dengan rumpun
bidang studi (mapel)**
|
140
|
|
Nonkependidikan sesuai bidang
studi (mapel)
|
130
|
|
Kependidikan tidak sesuai bidang
studi dan rumpun bidang studi (mapel)
|
120
|
|
Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun
bidang studi memiliki Akta Mengajar
|
120
|
|
Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi
|
110
|
|
Post Graduate Diploma
|
Sesuai bidang studi
|
80
|
Tidak sesuai
|
50
|
|
S2
|
Kependidikan sesuai bidang studi (mapel)
|
175
|
Kependidikan sesuai dengan rumpun bidang studi (mapel)
|
160
|
|
Nonkependidikan sesuai bidang
studi (mapel)
|
160
|
|
Kependidikan tidak sesuai bidang
studi dan rumpun bidang studi
|
145
|
|
Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi
|
130
|
|
S3
|
Kependidikan sesuai bidang studi (mapel)
|
200
|
Kependidikan sesuai dengan rumpun bidang studi (mapel)
|
180
|
|
Nonkependidikan sesuai bidang
studi (mapel)
|
180
|
|
Kependidikan tidak sesuai bidang
studi dan rumpun bidang studi
|
160
|
|
Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi
|
140
|
Catatan:
* Untuk mata pelajaran produktif di
SMK, program keahlian analog dengan bidang studi (mapel)
** Untuk mata pelajaran produktif di SMK, bidang keahlian analog dengan
rumpun bidang studi
S1, S2, atau S3
yang kedua dan seterusnya diperhitungkan dengan skor 25% dari skor yang
ditetapkan
dalam rubrik ini.
dalam rubrik ini.
Skor maksimal: jika memiliki S1, S2, dan S3 kependidikan yang relevan: 150
+ 175 + 200 = 525
2.
Pendidikan dan Pelatihan
Lama Diklat
(Jam Pelatihan)
|
Internasional
|
Nasional
|
Provinsi
|
Kab/Kota
|
Kecamatan
|
|||||
R
|
TR
|
R
|
TR
|
R
|
TR
|
R
|
TR
|
R
|
TR
|
|
> 640
|
60
|
45
|
50
|
40
|
45
|
35
|
40
|
30
|
35
|
25
|
481 – 640
|
55
|
40
|
45
|
35
|
40
|
30
|
35
|
25
|
30
|
20
|
161 – 480
|
45
|
35
|
40
|
30
|
35
|
25
|
30
|
20
|
25
|
15
|
81 – 160
|
40
|
30
|
35
|
25
|
30
|
20
|
25
|
15
|
20
|
10
|
30 – 80
|
35
|
25
|
30
|
20
|
25
|
15
|
20
|
10
|
15
|
7
|
8 – 29
|
30
|
20
|
25
|
15
|
20
|
10
|
15
|
5
|
10
|
3
|
Keterangan:
R: relevan;
materi diklat mendukung pelaksanaan tugas profesional guru
TR: tidak relevan; materi diklat tidak mendukung pelaksanaan tugas
profesional guru
Skor maksimal (taksiran): 2x pelatihan nasional relevan
pola 170 jam, 2x propinsi relevan pola 120 jam,
4x kabupaten/kota relevan pola 20 jam = (2x40) + (2 x 30) + (4 x 15) =
200
3. Pengalaman Mengajar
Masa Kerja
Guru
|
Skor
|
> 25 tahun
|
160
|
23 – 25 tahun
|
145
|
20 – 22 tahun
|
130
|
17 – 19 tahun
|
115
|
14 – 16 tahun
|
100
|
11 – 13 tahun
|
85
|
8 – 10 tahun
|
70
|
5 – 7 tahun
|
55
|
2 – 4 tahun
|
40
|
Catatan: tugas belajar diperhitungkan dalam pengalaman mengajar
Skor maksimal: 160
4.
Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran
a.
Perencanaan Pembelajaran
Mengumpulkan 5 buah RP/RPP/SP yang berbeda
|
Aspek yang dinilai
|
Skor maks
|
1.
Perumusan tujuan pembelajaran
2.
Pemilihan dan pengorganisasian materi ajar
3.
Pemilihan sumber /media pembelajaran
4.
Skenario atau kegiatan pembelajaran
5.
Penilaian hasil belajar
|
5
10
5
10
10
|
Catatan: Lima
RP/RPP/SP dinilai oleh asesor dengan menggunakan Instrumen Penilaian RPP dan dihitung
skor reratanya.
Skor maksimal: jika semua butir aspek mencapai skor
maksimum: 40
b. Pelaksanaan
Pembelajaran
Mengumpulkan
dokumen hasil penilaian oleh kepala sekolah dan/atau pengawas tentang
pelaksanaan pembelajaran
|
Aspek yang dinilai
|
Skor maks
|
1.
Prapembelajaran (pengecekan kesiapan kelas dan
apersepsi)
2.
Kegiatan inti:
· penguasaan materi
· strategi pembelajaran
· pemanfaatan media/sumber belajar
· evaluasi
· penggunaan bahasa
3.
Penutup (refleksi, rangkuman, dan tindak lanjut)
|
20
80
20
|
Skor maksimal: jika semua butir aspek mencapai skor
maksimum: 120
5.
Penilaian dari atasan dan pengawas
Bukti
|
Aspek yang dinilai
|
Skor maks
|
Dokumen hasil
penilaian oleh atasan dan/atau pengawas tentang kompetensi kepribadian dan
kompetensi sosial
|
1. Ketaatan menjalankan ajaran agama
2. Tanggung jawab
3. Kejujuran
4. Kedisiplinan
5. Keteladanan
6. Etos kerja
7. Inovasi dan kreativitas
8. Kemampuan menerima kritik dan saran
9. Kemampuan berkomunikasi
10. Kemampuan bekerja sama
|
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
|
Jumlah
|
50
|
Catatan:
Skor maksimal: jika semua butir aspek mencapai skor
maksimum: 10 x 5 = 50
6.
Prestasi Akademik
a. Lomba dan karya akademik
Prestasi
|
Tingkat*
|
Skor
|
Bukti juara
lomba akademik
|
Internasional
Nasional
Provinsi
Kabupaten/Kota
Kecamatan
|
60
40
30
20
10
|
Bukti menemukan karya monumental
|
Pendidikan
Nonpendidikan
|
60
40
|
* Kejuaraan diambil tingkat yang
tertinggi
b. Pembimbingan kepada teman sejawat / siswa
Jenis Pembimbingan teman
sejawat/siswa
|
Skor
|
|
Instruktur
|
40
|
|
Guru Inti/Tutor/Pemandu
|
20
|
|
Pembimbingan
siswa dalam berbagai lomba/karya sampai meraih juara
|
Tingkat Internasional :
40
Tingkat Nasional :
25
Tingkat Provinsi
: 20
Tingkat Kabupaten/Kota :
15
Tingkat Kecamatan
: 10
|
|
Pembimbngan
siswa dalam berbagai lomba/karya tidak mencapai juara
|
5
|
|
Skor maksimal (taksiran): 1x lomba akademik nasional, 1 x
juara provinsi, sebuah karya monumental bidang pendidikan, instruktur : 40 + 20
+ 60 + 40 = 160
7.
Karya Pengembangan Profesi
Jenis Dokumen / Karya
|
Publikasi
|
Skor
|
|
Relevan
|
Tidak relevan
|
||
a.
Buku*
|
Nasional
|
50
|
35
|
Provinsi
|
40
|
25
|
|
Kabupaten/Kota
|
30
|
15
|
|
b.
Artikel
|
Jurnal Terakreditasi
|
25
|
20
|
Jurnal Tdk Terakreditasi
|
10
|
8
|
|
Majalah/koran nasional
|
10
|
8
|
|
Majalah/koran lokal
|
5
|
3
|
|
c.
Menjadi reviewer
buku, penulis soal EBTANAS/UN
|
2 per kegiatan
|
||
d.
Modul/Diktat
dicetak lokal (Kab/Kota)
|
Minimal
mencakup materi 1 semester skor 20
|
||
e.
Media/Alat
pelajaran
|
Setiap membuat satu media/alat
pelajaran diberi skor 5
|
||
f.
Laporan
penelitian di bidang pendidikan
|
Setiap satu
laporan diberi skor 10
Sebagai ketua 60% dan anggota 40%
|
||
g.
Karya
teknologi/seni (TTG, patung, rupa, tari, lukis, sastra, dll)
|
Setiap karya
seni diberi skor 15
|
*) Buku publikasi
nasional adalah buku ber-ISBN dan ditetapkan oleh BSNP
sebagai buku standar; publikasi
provinsi adalah buku ber-ISBN; publikasi
kab/kota adalah buku yang tidak ber-ISBN.
Skor maksimal (taksiran): 1 buku publikasi kabupaten/kota, 1 artikel dalam jurnal terakreditasi, 2 artikel
dalam jurnal tidak terakreditasi, & 2 artikel di koran lokal: 30 + 25 + (2 x 10) + (2 x 5) =85
8.
Keikutsertaan dalam forum ilmiah
Tingkat
|
Skor
|
|
Pemakalah
|
Peserta
|
|
Internasional
|
50
|
10
|
Nasional
|
40
|
8
|
Provinsi
|
30
|
6
|
Kabupaten/Kota
|
20
|
4
|
Kecamatan
|
10
|
2
|
Skor
maksimal (taksiran): 1x peserta internasional, 1x pemakalah nasional, dan 3x
peserta kabupaten/kota: 10 + 40 + (3 x 4) = 62
9.
Pengalaman menjadi pengurus organisasi di bidang kependidikan dan sosial
a. Pengurus organisasi di bidang kependidikan dan sosial
Tingkat Organisasi
|
Skor per tahun
|
|
Sosial
|
||
Internasional
|
10
|
7
|
Nasional
|
7
|
5
|
Provinsi
|
5
|
4
|
Kabupaten/Kota
|
4
|
3
|
Kecamatan
|
3
|
2
|
Desa/Kelurahan
|
2
|
1
|
b. Tugas Tambahan
Tugas Tambahan
|
Skor per tahun
|
Kepala sekolah
|
4
|
Wakil kepala sekolah/ketua
jurusan/kepala lab/ kepala bengkel
|
2
|
Pembina kegiatan ekstra kuriluler
(pramuka, drumband, mading, KIR, dsb.)
|
1
|
Skor maksimal
(taksiran): 2 tahun pengurus nasional organisasi kependidikan, 2 tahun pengurus organisasi sosial tingkat nasional,
mendapat tugas tambahan sebagai wakasek dan kasek masing-masing selama 4 tahun:
(2 x 7) + (2 x 5) + (4 x 2) + (4 x 4) = 48
10.
Penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan
Tingkat
|
Skor
|
Internasional
Nasional
Provinsi
Kabupaten/Kota
|
30
20
10
5
|
Melaksanakan tugas di daerah terpencil/tertinggal/bencana/konflik/perbatasan
|
Setiap tahun 4
|
Skor maksimal (taksiran): 1x
penghargaan nasional, 3 x penghargaan provinsi:
20 + (3 x 10) = 50
SKOR MAKSIMUM PER UNSUR
PORTOFOLIO
(Sebagian
merupakan skor maksimal fix dan
sebagian yang lain skor maksimal taksiran)
NO.
|
UNSUR PORTOFOLIO GURU
|
SKOR
|
1.
|
Kualifikasi akademik
|
525
|
2.
|
Pendidikan dan pelatihan
|
200
|
3.
|
Pengalaman mengajar
|
160
|
4.
|
Perencanaan dan pelaksanaan
pembelajaran
|
160
|
5.
|
Penilaian
dari atasan dan pengawas
|
50
|
6.
|
Prestasi akademik
|
160
|
7.
|
Karya pengembangan profesi
|
85
|
8.
|
Keikutsertaan dalam forum ilmiah
|
62
|
9
|
Pengalaman organisasi di bidang kependidikan dan sosial
|
48
|
10
|
Penghargaan
yang relevan dengan bidang pendidikan
|
50
|
Jumlah
|
1500
|
PENGELOMPOKAN KOMPONEN PORTOFOLIO DAN KETENTUANNYA
A.
Unsur Kualifikasi dan Tugas Pokok (minimal
300 dan semua sub unsur tidak boleh kosong)
1.
|
Kualifikasi akademik
|
525
|
2.
|
Pengalaman mengajar
|
160
|
3.
|
Perencanaan
dan pelaksanaan pembelajaran
|
160
|
Jumlah
|
845
|
B.
Unsur Pengembangan Profesi (minimal
200 dan Guru yang ditugaskan pada daerah khusus minimal 150)
1.
|
Pendidikan dan pelatihan
|
200
|
2.
|
Penilaian
dari atasan dan pengawas
|
50
|
3.
|
Prestasi akademik
|
160
|
4.
|
Karya pengembangan profesi
|
85
|
Jumlah
|
495
|
C.
Unsur Pendukung Profesi (tidak boleh
nol dan minimal 100)
1.
|
Keikutsertaan dalam forum ilmiah
|
62
|
2.
|
Pengalaman organisasi di bidang kependidikan dan sosial
|
48
|
3.
|
Penghargaan
yang relevan dengan bidang pendidikan
|
50
|
Jumlah
|
160
|
BATAS LULUS: 850 (57%
dari perkiraan skor maksimum)
Apabila skor
maksimal kualifikasi akademik tidak memperhitungkan ijazah S2 dan S3 (yang pada
umumnya guru tidak memiliki), maka batas lulus menjadi: 850/1125 x 100% = 75,56%
Tidak ada komentar:
Posting Komentar