Jumat, 28 Juni 2013

PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BABAT LAMONGAN

PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BABAT LAMONGAN



SKRIPSI


Disusun Oleh :
Abdul Rosyid
(01110134)


                                                













JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI  MALANG
2006
SKRIPSI


PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BABAT LAMONGAN




Disusun Oleh :
Abdul Rosyid
(01110134)


                                                











JURUSAN PENDIDIKAN ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI  MALANG
2006


LEMBAR PERSETUJUAN


PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) BABAT LAMONGAN


SKRIPSI


Oleh:
ABDUL ROSYID
NIM. 01110134/S-I


Telah Disetujui oleh:
Dosen Pembimbing


Drs. H. Sudiyono


Tanggal…………..2005

Mengetahui,
Ketua Jurusan Fakultas Tarbiyah


Drs. Moh, Padil, M.P di
NIP.


LEMBAR PENGESAHAN


PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BABAT LAMONGAN

SKRIPSI

Oleh:
ABDUL ROSYID
NIM. 01110134/S-I

Telah Dipertahankan di Depan Dewan Penguji
dan Dinyatakan Diterima sebagai Salah Satu Persyaratan
Untuk  Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S. Pdi)
Tanggal:  ……………………… 05

Dewan Penguji
Tanda Tangan

Penguji Utama:

Drs. H. Suaib. M. Ag

____________________
Ketua Ujian / Pembimbing:
Drs. H. Sudiyono

____________________
Sekretaris:
Imron Rosyidi. M.Ed

____________________

Mengesahkan,
Dekan Fakultas Tarbiyah UIN Malang



Dr. H. M. Djunaidi Ghony
NIP. 150042031

M O T T O


... إِنَّ اللهَ لَا يُغَـيِّرُ مَا بِقَـوْمٍ حَـتىَّ يُغَيِّرُوْا مَا بِأَنْفُسِهِمْ...

Artinya:
“…Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri….”
(Q.S. Ar-ra’du  : 11) [1]










HALAMAN PERSEMBAHAN

            Karya ini khusus aku persembahkan kepada orang yang ikut berjasa dalam hidupku yaitu:
· Khususon Abi dan Umi yang tidak ada putus-putusnya memberikan bantuan kepadaku baik moril maupun material sehingga saya dapat memperoleh apa yang aku inginkan saat ini. Semoga Apa yang kutulis dapat menjadi manfaat untuk umat pada umumnya.
· Akhowaini yang selalu memberi motivasi untuk selalu maju, dalam menggapai apa yang aku inginkan
· Guru-guruku yang telah mengantarkan saya kepada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
· Sahabat karibku  yang tidak pernah putus asa dalam memberiku masukan-masukan dan motivasi yang berarti bagi kelangsungan pendidikanku.
Semoga apa yang aku tulis dapat bermanfaat, bagi umat pada umumnya tanpa pandang bulu dan golongan.







KATA PENGANTAR

Bismillahirrohmanirrohiim
Puji syukur ke-Hadirat Allah SWT, atas Hidayah dan Rahmad kasih dan Sayang-Nya. Sholawat serta salam tetap selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang telah menuntun dari dunia kegelapan menuju dunia terang benerang, yakni Agama Islam, semoga Syafa’atnya selalu menyertai setiap umatnya dari dunia sampai akhirat. Amin.
Salam ikroman mudah-mudahan tercurah kepangkuan para kekasih Allah SWT, dan para hamba yang senantiasa sadar kepada-Nya. sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan skripsi dengan baik.
Penyusunan skripsi ini dimaksudkan sebagai upaya memahami Pelaksanaan, Pemberdayaan Pendidikan Islam di MAN Babat Lamongan, serta sebagai salah satu persyaratan yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Malang guna memperoleh gelar sarjana pendidikan Islam.
Dalam penyusunan skripsi ini tidak lepas dari bantuan, bimbingan dan motivasi dari semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Pada kesempatan ini penulis memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya dengan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada :
  1. Bapak, Ibu yang telah memberikan motivasi dan do’a dalam setiap langkahku untuk slalu tegar dan maju.
  2. Kakak dan Adikku yang selalu memberikan semangat dan do’a pada setiap apa yang menjadi harapanku.
  3. Bapak Prof. Dr. H. Imam Suprayogo, selaku Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Bapak.
  4. Bapak Dr. H. M. Djunaidi Ghony, selaku Dekan Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.
  5. Bapak Drs. Moh. Padil M.Ag, Selaku Ketua Jurusan fakultas Tabiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.
  6. Drs. H. Sudiyono, sebagai Dosen Pembimbing yang telah meluangkan waktunya dalam memberikan bimbingan, arahan dan nasehat demi terselesainya penyusunan skripsi ini.
  7. Drs. H. hazbillah. M.Ag. sebagai Kepala Sekolah MAN Babat Lamongan.
  8. Semua pihak yang tidak mungkin dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah memberikan bantuan keintelektualan sejak awal hingga terselesainya penyusunan skripsi ini.
Atas jasa baik mereka, penulis mengucapkan beberapa terima kasih yang tiada terkira, dengan ini penulis mengucapkan untaian do’a semoga amal baik beliau-beliau tersebut diatas selalu disisi Allah dan dicatat amal baiknya, dengan Iringan Do’a “ Jazaakumullohu Khoiroti Wasa’adatid-dunya Wal-Akhiroh” Amin….
Dalam penyusunan skripsi ini tentunya masih jauh dari sempurna, meskipun penulis telah berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang konstruktif sebagai tambahan pengetahuan dan penerapan disiplin ilmu pada lingkungan yang lebih luas.
Akhir kata dengan segala kerendahan hati, penulis berharap semoga dengan skripsi yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi penulis sendiri khususnya dan kepada semua pembaca skripsi ini pada umumnya.
Wassalam
                                                                              Malang,          Juli 2005

                                                                                             Penulis









 








DAFTAR ISI



HALAMAN SAMPUL ......................................................................………...

HALAMAN JUDUL .........................................................................................
HALAMAN PERSETUJUAN ......................................................................…
HALAMAN PENGESAHAN ......................................................................….
HALAMAN MOTTO ......................................................................…………..
HALAMAN PERSEMBAHAN ........................................................................
KATA PENGANTAR ......................................................................………….
DAFTAR ISI .....................................................................................................
ABSTRAK ........................................................................................................

BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang ………………………………………………………..
B.     Rumusan Masalah ..................................................................................
C.     Tujuan Penelitian ...................................................................................
D.    Manfaat Penelitian .................................................................................
E.     Ruang Lingkup Pembahasan ………………………………………….
F.      Metode Pembahasan dan Penelitian …………………………………..
G.    Sistematika Pembahasan ………………………………………………
BAB II KAJIAN TEORI
A. Pemberdayaan dan Pendidikan Agama Islam ………………………….
1.      Pengertian dan tujuan pemberdayaan ……………………………..
2.      Pengertian dan tujuan pendidikan agama islam ……………………
3.      Dasar-dasar pendidikan islam ……………………………………...
B. Konsep Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam ………………………
1.      Pengembangan pendidikan agama islam dalam konteks pluralisme
2.      Performa pendidikan agama islam ………………………………….
3.      Pembelajaran pendidikan agama islam melalui pendekatan teknologik dan nonteknologi ……………………………………………………..
4.      Metode pengajaran pendidikan islam ………………………………...
5.      Sarana dan prasarana pendidikan Islam ………………………………
BAB III HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHSAN
A.    Latar Belakang Obyek Penelitian …………………………………………
B.     Faktor Pemberdayaan Pendidikan Islam di MAN Babat Lamongan ……..
C.     Pembahasan ……………………………………………………………….
BAB IV PENUTUP
A.    Kesimpulan ……………………………………………………………….
B.     Saran ……………………………………………………………………...
DAFTAR PUSTAKADAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN  ...........................................................................................................



























ABSTRAK

Abdul Rosyid. Skripsi 2005, Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Babat Lamongan, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang
Dosen Pembimbing: Drs H. Sudiyono.
Kata Kunci : Pemberdayaan PI, Guru Profesional, Metode, Strategi, Sarana,
         Pendekatan PI
Kritik dan sekaligus solusi terhadap pendidikan agama yang sedang berlangsug di sekolah/ madrasah. Mochtar Bukhori (1992), misalnya menilai kegagalan pendidikan agama yang disebabkan karena praktek pendidikan hanya mengedepankan aspek kognitif semata tumbuh dari nilai kesadaran (agama) mengabaikan pembinaan afektif, konatif  kegiatan sekolah, maka dari itu sejauh mana langka yang baik dalam pemberdayaan pendidikan agama patut diteruskan dan selalu bisa mengimbangai pendidikan umum.
Untuk menyikapi hal di atas, beberapa problematik dalam negeri terutama dalam bidang SDM Indonesia yang lemah ditambah lagi dekadensi moral, maka dari sinilah muncul dari beberapa gagasan demi kwalitas pendidikan kita terutama dalam pendidikan agama perlu untuk diberdayakan dengan kwalitas yang baik.
Dalam kenyataanya pendidikan agama Islam terasa kurang terkait dan kurang Concent terhadap persoalan bagaimana mengubah pengetahuan agama yang bersifat kognitif menjadi “makna” dan “nilai” yang perlu diinternalisasikan  dalam diri seorang dengan cara, metode, media dan forum, selanjutnya makna yang terhayati menjadi sumber motivasi bagi peserta didik untuk bergerak dan prilaku secara kongkret-agamis dalam wilayah kehidupan sehari-hari, dan perlu adanya pendekatan, baik secara internal sekolah maupun eksternal sekolah, dan meningkatkan profesionalitas guru serta meninggkatkan kebutuhan obyektivitas siswa yakni sarana prasarana, lingkungan dan kerjasama antar guru dan siswa serta karyawan dan masyarakat luas demi pendidikan Islam itu untuk lebih maju.
Untuk menyikapi hal di atas maka yang dimaksud pemberdyaan pendidikan Islam adalah.  Membangun sebuah konsep sebagai alternatif  yang diperlukan masyarakat luas dengan landasan formal demi tujuan yang hendak dicapai pendidikan Islam, dengan menejemen yang cocok dan terkait dengan lembaga yang hendak memberdayakan.
Sedangkan tujuan pemberdayaan Pendidikan Islam adalah bersifat konstruktif untuk kemajuan yang akan dicapai, yang terkait dengan lembaga atau organisasi setempat, pengembangan pendidikan Islam itu sendiri, yakni penselarasan untuk menyatukan keputusanan dan konstribusi serta skill yang baik sesuai dengan keinginan sekolah dan masyarakat untuk terwujudnya manusia sebagai hamba Allah yang baik







[1] Al-Quran dan Terjemahannya (Medinah Munawwarah: Mujamma’ Khadim al-Haramain asy-Syarifain al-Malik Fahd li thiba’at al-Mushhaf asy-Syarif, tt),  hal. 370

Tidak ada komentar:

Posting Komentar