PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BABAT
LAMONGAN
SKRIPSI
Disusun Oleh :
(01110134)
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MALANG
2006
SKRIPSI
PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BABAT
LAMONGAN
Disusun Oleh :
Abdul Rosyid
(01110134)
JURUSAN PENDIDIKAN ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MALANG
2006
LEMBAR PERSETUJUAN
PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) BABAT
LAMONGAN
SKRIPSI
Oleh:
ABDUL ROSYID
NIM. 01110134/S-I
Telah Disetujui oleh:
Dosen Pembimbing
Drs.
H. Sudiyono
Tanggal…………..2005
Mengetahui,
Ketua Jurusan Fakultas Tarbiyah
Drs. Moh, Padil, M.P di
NIP.
LEMBAR PENGESAHAN
PEMBERDAYAAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DI MADRASAH
ALIYAH NEGERI BABAT LAMONGAN
SKRIPSI
Oleh:
ABDUL
ROSYID
NIM.
01110134/S-I
Telah Dipertahankan di Depan Dewan Penguji
dan Dinyatakan Diterima sebagai Salah Satu Persyaratan
Untuk Memperoleh Gelar Sarjana
Pendidikan Islam (S. Pdi)
Tanggal: ……………………… 05
Dewan Penguji
|
Tanda Tangan
|
Penguji Utama:
Drs. H. Suaib. M. Ag
|
____________________
|
Ketua
Ujian / Pembimbing:
Drs. H. Sudiyono
|
____________________
|
Sekretaris:
Imron Rosyidi. M.Ed
|
____________________
|
Mengesahkan,
Dekan Fakultas Tarbiyah UIN Malang
Dr.
H. M. Djunaidi Ghony
NIP.
150042031
M O T T O
... إِنَّ اللهَ لَا
يُغَـيِّرُ مَا بِقَـوْمٍ حَـتىَّ يُغَيِّرُوْا مَا بِأَنْفُسِهِمْ...
Artinya:
“…Allah
tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada
diri mereka sendiri….”
HALAMAN PERSEMBAHAN
Karya ini khusus aku persembahkan
kepada orang yang ikut berjasa dalam hidupku yaitu:
·
Khususon Abi dan Umi yang tidak
ada putus-putusnya memberikan bantuan kepadaku baik moril maupun material
sehingga saya dapat memperoleh apa yang aku inginkan saat ini. Semoga Apa yang
kutulis dapat menjadi manfaat untuk umat pada umumnya.
·
Akhowaini yang selalu memberi
motivasi untuk selalu maju, dalam menggapai apa yang aku inginkan
·
Guru-guruku yang telah
mengantarkan saya kepada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
·
Sahabat karibku yang tidak pernah putus asa dalam memberiku
masukan-masukan dan motivasi yang berarti bagi kelangsungan pendidikanku.
Semoga apa yang aku tulis dapat bermanfaat, bagi umat pada
umumnya tanpa pandang bulu dan golongan.
KATA PENGANTAR
Bismillahirrohmanirrohiim
Puji syukur ke-Hadirat Allah SWT, atas Hidayah dan Rahmad
kasih dan Sayang-Nya. Sholawat serta salam tetap selalu tercurahkan kepada Nabi
Muhammad SAW, yang telah menuntun dari dunia kegelapan menuju dunia terang
benerang, yakni Agama Islam, semoga Syafa’atnya selalu menyertai setiap umatnya
dari dunia sampai akhirat. Amin.
Salam ikroman mudah-mudahan tercurah kepangkuan para
kekasih Allah SWT, dan para hamba yang senantiasa sadar kepada-Nya. sehingga
penulis dapat menyelesaikan penyusunan skripsi dengan baik.
Penyusunan skripsi ini dimaksudkan sebagai upaya memahami
Pelaksanaan, Pemberdayaan Pendidikan Islam di MAN Babat Lamongan, serta sebagai
salah satu persyaratan yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa jurusan
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Malang guna
memperoleh gelar sarjana pendidikan Islam.
Dalam penyusunan skripsi ini tidak lepas dari bantuan,
bimbingan dan motivasi dari semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu
persatu. Pada kesempatan ini penulis memberikan penghargaan yang
setinggi-tingginya dengan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada :
- Bapak, Ibu yang telah memberikan motivasi dan do’a dalam setiap langkahku untuk slalu tegar dan maju.
- Kakak dan Adikku yang selalu memberikan semangat dan do’a pada setiap apa yang menjadi harapanku.
- Bapak Prof. Dr. H. Imam Suprayogo, selaku Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Bapak.
- Bapak Dr. H. M. Djunaidi Ghony, selaku Dekan Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.
- Bapak Drs. Moh. Padil M.Ag, Selaku Ketua Jurusan fakultas Tabiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.
- Drs. H. Sudiyono, sebagai Dosen Pembimbing yang telah meluangkan waktunya dalam memberikan bimbingan, arahan dan nasehat demi terselesainya penyusunan skripsi ini.
- Drs. H. hazbillah. M.Ag. sebagai Kepala Sekolah MAN Babat Lamongan.
- Semua pihak yang tidak mungkin dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah memberikan bantuan keintelektualan sejak awal hingga terselesainya penyusunan skripsi ini.
Atas jasa baik mereka, penulis mengucapkan beberapa terima kasih yang
tiada terkira, dengan ini penulis mengucapkan untaian do’a semoga amal baik
beliau-beliau tersebut diatas selalu disisi Allah dan dicatat amal baiknya,
dengan Iringan Do’a “ Jazaakumullohu Khoiroti Wasa’adatid-dunya Wal-Akhiroh”
Amin….
Dalam penyusunan skripsi ini tentunya masih jauh dari sempurna,
meskipun penulis telah berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik.
Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang konstruktif
sebagai tambahan pengetahuan dan penerapan disiplin ilmu pada lingkungan yang
lebih luas.
Akhir kata dengan segala kerendahan hati, penulis berharap semoga
dengan skripsi yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi penulis sendiri
khususnya dan kepada semua pembaca skripsi ini pada umumnya.
Wassalam
Malang, Juli 2005
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL ......................................................................………...
HALAMAN JUDUL
.........................................................................................
HALAMAN PERSETUJUAN
......................................................................…
HALAMAN PENGESAHAN
......................................................................….
HALAMAN MOTTO
......................................................................…………..
HALAMAN PERSEMBAHAN
........................................................................
KATA PENGANTAR
......................................................................………….
DAFTAR ISI
.....................................................................................................
ABSTRAK
........................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
………………………………………………………..
B. Rumusan Masalah
..................................................................................
C. Tujuan Penelitian
...................................................................................
D. Manfaat
Penelitian
.................................................................................
E. Ruang Lingkup
Pembahasan ………………………………………….
F. Metode Pembahasan
dan Penelitian …………………………………..
G. Sistematika
Pembahasan ………………………………………………
BAB II KAJIAN TEORI
A. Pemberdayaan dan
Pendidikan Agama Islam ………………………….
1. Pengertian dan
tujuan pemberdayaan ……………………………..
2. Pengertian dan
tujuan pendidikan agama islam ……………………
3. Dasar-dasar
pendidikan islam ……………………………………...
B. Konsep
Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam ………………………
1. Pengembangan
pendidikan agama islam dalam konteks pluralisme
2. Performa pendidikan
agama islam ………………………………….
3.
Pembelajaran pendidikan agama islam melalui pendekatan teknologik dan
nonteknologi ……………………………………………………..
4.
Metode pengajaran pendidikan islam ………………………………...
5. Sarana dan prasarana
pendidikan Islam ………………………………
BAB III HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHSAN
A.
Latar Belakang Obyek Penelitian …………………………………………
B. Faktor Pemberdayaan Pendidikan Islam di MAN Babat Lamongan ……..
C.
Pembahasan ……………………………………………………………….
BAB IV PENUTUP
A.
Kesimpulan ……………………………………………………………….
B.
Saran ……………………………………………………………………...
DAFTAR PUSTAKADAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
...........................................................................................................
ABSTRAK
Abdul Rosyid.
Skripsi 2005, Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri
(MAN) Babat Lamongan, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah
Universitas Islam Negeri (UIN) Malang
Dosen Pembimbing:
Drs H. Sudiyono.
Kata Kunci : Pemberdayaan PI,
Guru Profesional, Metode, Strategi, Sarana,
Pendekatan PI
Kritik
dan sekaligus solusi terhadap pendidikan agama yang sedang berlangsug di
sekolah/ madrasah. Mochtar Bukhori (1992), misalnya menilai kegagalan
pendidikan agama yang disebabkan karena praktek pendidikan hanya mengedepankan
aspek kognitif semata tumbuh dari nilai kesadaran (agama) mengabaikan pembinaan
afektif, konatif kegiatan sekolah, maka
dari itu sejauh mana langka yang baik dalam pemberdayaan pendidikan agama patut
diteruskan dan selalu bisa mengimbangai pendidikan umum.
Untuk menyikapi
hal di atas, beberapa problematik dalam negeri terutama dalam bidang SDM
Indonesia yang lemah ditambah lagi dekadensi moral, maka dari sinilah muncul
dari beberapa gagasan demi kwalitas pendidikan kita terutama dalam pendidikan
agama perlu untuk diberdayakan dengan kwalitas yang baik.
Dalam
kenyataanya pendidikan agama Islam terasa kurang terkait dan kurang Concent
terhadap persoalan bagaimana mengubah pengetahuan agama yang bersifat kognitif
menjadi “makna” dan “nilai” yang perlu diinternalisasikan dalam diri seorang dengan cara, metode, media
dan forum, selanjutnya makna yang terhayati menjadi sumber motivasi bagi peserta
didik untuk bergerak dan prilaku secara kongkret-agamis dalam wilayah kehidupan
sehari-hari, dan perlu adanya pendekatan, baik secara internal sekolah maupun
eksternal sekolah, dan meningkatkan profesionalitas guru serta meninggkatkan
kebutuhan obyektivitas siswa yakni sarana prasarana, lingkungan dan kerjasama
antar guru dan siswa serta karyawan dan masyarakat luas demi pendidikan Islam
itu untuk lebih maju.
Untuk
menyikapi hal di atas maka yang dimaksud pemberdyaan pendidikan Islam
adalah. Membangun sebuah konsep sebagai
alternatif yang diperlukan masyarakat
luas dengan landasan formal demi tujuan yang hendak dicapai pendidikan Islam,
dengan menejemen yang cocok dan terkait dengan lembaga yang hendak
memberdayakan.
Sedangkan
tujuan pemberdayaan Pendidikan Islam adalah bersifat konstruktif untuk kemajuan
yang akan dicapai, yang terkait dengan lembaga atau organisasi setempat,
pengembangan pendidikan Islam itu sendiri, yakni penselarasan untuk menyatukan
keputusanan dan konstribusi serta skill yang baik sesuai dengan keinginan
sekolah dan masyarakat untuk terwujudnya manusia sebagai hamba Allah yang baik
[1] Al-Quran
dan Terjemahannya (Medinah Munawwarah: Mujamma’ Khadim al-Haramain
asy-Syarifain al-Malik Fahd li thiba’at al-Mushhaf asy-Syarif, tt), hal. 370
Tidak ada komentar:
Posting Komentar